Senin, Oktober 03, 2011

Pengkabelan dan Crimping

Pengkabelan dan Crimping
Kalian pasti tidak asing dengan Kata UTP dan STP juga Crimping, disini saya akan menjelaskan sedikit tentang UTP dan STP juga mengenai apa sih Crimping itu?

lihat gambar di samping??
itu merupakan awal dari pembicaraan saya, yaitu Pengkabelan dan Crimping  pada suatu jaringan komputer.

UTP dan STP merupakan 2 jenis kabel jaringan yang berbeda tapi sama fungsi, yang membedakan kedua kabel tersebut hanyalah bagian fisiknya saja.  UTP ( Unshielded Twist Pair) dan STP ( Shielded Twist Pair )

perhatikan baik", ini sangat mudah, yang membedakan kedua kabel tersebut sudah terlihat dari kedua nama kabel jaringan itu sendiri "UTP = Unshielded dan STP = Shielded" yang artinya "tidak terlindungi dan terlindungi", 
Perhatikan gambar berikut dan bedakan.

Dari sedikit keterangan dan gambar diatas anda" pasti sudah mengetahui perbedaan antara kedua kabel jaringan tersebut. jika masih belum mengerti silahkan baca baik" dari pertama.

Fungsi dan kegunaan kabel jaringan ( UTP dan STP ) sama, yaitu agar dapat berkomunikasi antara satu komputer ke komputer lainnya dengan Skema Topologi jaringan, dengan adanya kabel jaringan komputer dapat berkomunikasi dan terkoneksi agar mampu bekerja dengan baik, kegunaan kabel jaringan sangat inti bisa dibilang "tanpa jaringan, sebuah komputer bukanlah seutuhnya komputer". dengan adanya jaringan komputer dapat terhubung dan juga dapat saling tukar data informasi dan lainnya.

CRIMPING.

Apa itu Crimping? Crimping adalah proses dimana sebuah kabel jaringan di proses agar mampu menjadi sebuah kabel jaringan yang utuh atau sempurna, artinya..., Crimping adalah cara membuat kabel jaringan.
Crimping ada 2 jenis kabel, yaitu "Copper Straight Over dan Copper Cross Over".

Cara Crimping yang baik dan benar :

Bahan-bahan dan alat-alat yang diperlukan dalam Pengkabelan dan Crimping :
1. Siapkan kabel jaringan UTP / STP
2. Siapkan RJ 45
3. Crimping Tools / Tang Crimping
4. Cutting atau tang pemotong
5. Cutter / piso pemotong 
6. Percaya diri.

Proses Crimping Copper Straight Over
  • Pertama siapkan kabel, kupas ujung kulit kabel sekitar 2-3cm, nah kan keliatan tuh kabelnya ada "4 lilitan kabel" setiap lilitan kabel punya 2 kebel yang terpisah artinya semuanya ada 8 kabel (4 x 2).
  • Kemudian buka dan luruskan setiap lilitan kabel ( ingat jangan sampe tertukar / acak ) urutan kabel pada lilitan ada 8, yaitu ( Po O )-( Ph H )-( Pb B )-( Pc C).
  • Kemudian urut dan luruskan setelah itu Urutkan dan jadikan kabel menjadi Copper Straight over, dengan urutan ( Po O )-( Ph B )-( Pb H )-(Pc C ) <= ini urutan kabel Straight.jangan sampai tertukar ataupun ada salah satu yang acak.
  • Setelah itu lakukan Hal yang sama pada ujung satunya lagi ( Ujung kabel pertaman dengan Ujung kabel terakhir sama-sama Copper Straight Over ) , kemudian tes dengan Tools Tester.
  • Jika urutan lampunya berurutan, maka 100% berhasil, jangan tanya jika tidak berurutan.. pastinya itu GATOT = gagal total.. ( Baca lagi dari pertama ) 
Proses Crimping Copper Cross Over
  • Pertama siapkan kabel, kupas ujung kulit kabel sekitar 2-3cm, nah kan keliatan tuh kabelnya ada "4 lilitan kabel" setiap lilitan kabel punya 2 kebel yang terpisah artinya semuanya ada 8 kabel (4 x 2).
  • Kemudian buka dan luruskan setiap lilitan kabel ( ingat jangan sampe tertukar / acak ) urutan kabel pada lilitan ada 8, yaitu ( Po O )-( Ph H )-( Pb B )-( Pc C).
  • Kemudian urut dan luruskan setelah itu Urutkan dan jadikan kabel menjadi Copper Straight over, dengan urutan ( Po O )-( Ph B )-( Pb H )-( Pc C ) <= ini urutan kabel Copper Straight Over.jangan sampai tertukar ataupun ada salah satu yang acak.
  • Setelah itu lakukan Hal yang sama pada ujung satunya lagi, kupas dan urutkan, disinilah perbedaan nya terjadi, Ujung akhir pada kabel berbeda dengan Urutan kabel Copper Straight Over.
  • kemudian urut dan luruskan ujung kabel terakhir, setelah itu Urutkan dan jadikan kabel menjadi Copper Cross Over, dengan urutan ( Ph H )-(Po B)-(Pb O)-( Pc C ) <= Copper Cross Over. jangan sampai tertukar ataupun ada salah satu yang acak.
  • Jika urutan lampunya berurutan, maka 100% berhasil, jangan tanya jika tidak berurutan.. pastinya itu GATOT = gagal total.. ( Baca lagi dari pertama ) 
Nah... itulah sedikit info tentang Pengkabelan dan Crimping, Semoga bermanfaat bagi kalian semua..









1 komentar:

Untuk informasi dan pertanyaan silahkan tinggalkan jejakmu atau comentar terimakasih..